Senin, 22 Juli 2013

My Project

“Pinjem buku via online”
Project By: Ricky Prawira

A.      Latar belakang
Saat ini konsumsi buku sangat berkurang dibandingkan dengan konsumsi internet, buku menjadi sesuatu hal yang paling membosankan selain cara mendapatkanya yang mahal dan walau pun murah tapi pembaca harus pergi ke perpustakaan yang terkadang perpustakaan memiliki Rak buku yang tidak beraturan sehingga pembaca butuh waktu berjam-jam untuk mencari satu buku.
            Selain buku yang ada di perpustakaan yang sepi pengunjung dan jarang di buka, tak jarang juga buku yang ada di rumah kita atau buku yang ada di kita juga turut jarang kita buka dan kita gunakan dikarnakan kita sudah sering membukanya dan kita sudah bosan membacanya sehingga buku tersebut hanya ada di rak buku sampai buku tersebut hancur dengan sendirinya.
            Dan hasil dari analisis data. internet juga, tidak semua website atau link yang memdidik di buka. konsumsi terbesar di internet adalah sosial network misalnya facebook, twitter, skype, line, weChat, kakao, dan lain-lain. Tetapi dari semua aplikasi sosial network tersebut situs yang sering di buka dan hampir semua mahasiswa mempunyai akun nya adalah Facebook. Dan semua orang rata-rata membuka facebook di saat bosan, di saat mempunyai masalah, dan sangat jarang mereka mengunjungi perpustakaan di saat jenuh.
B.      Tujuan
1.      Tujuan Umum
Membuat buku mejadi sesuatu hal yang sering di gunakan lagi karna kita tau buku adalah sumber ilmu
2.      Tujuan Khusus
·         Menjadikan buku yang ada di perpustakaan semakin sering digunakan
·         Menjadikan buku adalah sesuatu yang mudah di dapatkan
·         Mengubah filosofi tentang buku bahwa buku adalah hal yang mahal
·         Memperdayakan buku yang ada di rumah ikut di gunakan dan bermafaat bagi orang lain
·         Menyelamatkan profesi penulis karna saat ini profesi penulis terancam oleh profesi “mbah google”
C.      Peserta / Anggota
Anggota dalam project tersebut adalah mahasiswa, dosen atau siswa, guru dan semua orang yang membutuhkan buku dan satu institusi karna kita hanya bisa membuat project ini satu institusi alasanya adalah pertama kalau kita satu institusi maka kita tidak akan menggunakan uang transportasi untuk mengantar buku tersebut karna jika kita satu institusi kita pasti akan bertemu dan melewati kelas/kantor si peminjam buku. Yang ke dua adalah resiko buku hilang karna jika kita satu institusi kita kenal dan kita tahu bahwa teman kita atau adik dan kakak kelas kita yang meminjam jadi resiko buku hilang bisa di minimalisir.
D.     Metode / cara yang akan dilakukan
Metode yang saya punya adalah dengan membuat Grup di situs yang sering di gunakan oleh mahasiswa dan semua mahasiswa mempunyai akun situs tersebut. Akun situs tersebut adalah Facebook karna facebook adalah situs yang sering di gunakan dan di miliki hampir semua mahasiswa.
Langkah-langkahnya
1.      Buat Grup facebook yang beranggotakan seluruh mahasiswa dan staf dosen misalnya judul Grup tersebut adalah “Perpus Online Perdhaki Charitas” yang beranggotakan mahasiswa/i dan dosen yang ada di perdhaki Charitas.
2.      Buatlah porum diskusi tertang buku apa aja yang dimiliki dan kalau bisa kita unggah foto si buku sehingga membuat lebih menarik
3.      Ungga file yang berisi daftar buku apa saja yang kita punya
4.      Khusus bagi teman-teman yang ingin ikut memberdayakan bukunya yang ada di rumah yang sudah jarang digunakan, bisa dengan cara memfoto dan menguplode si buku ke dalam grup tersebut.
5.      Kemudian si calon pembaca akan mencari buku dan jika buku yang di carinya ada pada daftar buku yang kita punya maka dia akan order/ pesan
6.      Kita membuat tarif peminjaman dan tarif pembayaran jasa atas peminjaman buku tersebut
-          Semua buku yang di pinjam dari grup tersebut akan dikenakan biaya (Rp.2000/Buku)
-          Buku hanya bisa di pinjam dalam waktu 7 Hari selebihnya di beri sangsi atau denda sebesar (Rp.500/Hari)
-          Bagi sumber buku yang berasal dari teman-teman yang memposting bukunya. uangnya di bagi 2 atau di buat sistem point misalnya jika buku dia di pinjem 1 kali di beri harga Rp.1000 atau dengan di beri 1 point yang bisa ditukatkan sebagai Voucer peminjaman satu buku.
Tarif tersebut dibuat tidak besar karna kita tau tujuan utama adalah memberdayakan buku yang ada, memang kalau di lihat sepintas uang yang ada tidak terlalu banya tapi jika kita hitung dalam jumlah dan waktu yang kita targetkan uangnya lumayan banyak dan bisa digunakan untuk menambah jumlah koleksi buku kita.
Contoh akomulasi penghitungan hasil buku:
Sehari di sebuah institusi ada 20 orang peminjam buku jadi uang yang masuk sehari adalah Rp. 40.000.
Jika dalam waktu satu bulan uang yang ada sebanyak Rp.1.200.000.
Jika dalam setahun uang yang ada sebanyak Rp.14.400.000.
Sumber tambahan uang dari denda keterlambatan memulangkan buku.
7.      Setelah ada yang order buku maka kita akan mengantar buku tersebut ke si peminjam cara yang saya fikirkan adalah dengan membuat kotak order buku di masing-masing kelas. Misalnya ada satu kotak kecil yang muat untuk buku di depan kelasnya jadi kita tidak perlu waktu yang lama untuk menjumpai si peminjam jadi hanya cukup kita letakan di kotak tersebut. Kita buat kertas di depan buku tersebut buat nama sipeminjam sehingga mempermudah dalam proses pengambilan buku yang ada di kotak tersebut.
8.      Untuk masalah biaya jasa atau denda atas peminjaman buku tersebut kita fasilitasi kantong yang berbentuk petak di belakang buku tersebut yang terbuat dari kertas dan merekat di belakang buku. Jadi si peminjam akan meletakan uang tersebut di belakang buku atau di kotak tersebut.
9.      Setelah selesai di pinjam maka buku tersebut akan di kembalikan oleh si peminjam. Caranya adalah dengan memasukan buku tersebut kedalam kotak yang kita sediakan tadi. Kita buat jadwal misalnya buku yang ada di pagi hari adalah buku yang dipinjam sedangkan buku yang diletakan siang bahkan sore hari adalah buku yang di kembalikan.
E.      Organisasi penyelenggara
-          Semua orang yang memiliki persetujuan dari institusi untuk menggunakan buku dan memberdayakan buku yang ada diperpustakaan.
-          Semua orang yang memiliki koleksi buku sendiri.
-          Kurir si pengantar dan pengambil buku tiap harinya.
F.       Kesimpulan
Demikian konsep kegiatan tersebut saya buat semoga bisa bermanfaat dan digunakan untuk menyelamatkan buku dan nasip si penulis buku. Jika ada yang kurang dalam ide tersebut keritik dan saran sangat diharapkan demi terealisasinya project tersebut. Atas perhatianya saya ucapkan terimah kasih.



1 komentar:

  1. Kakak.......foto kakak sudah ada :D http://aufalatifah.blogspot.com/2013/10/basecamp-ahmad-dahlan.html

    BalasHapus